Saturday, February 27, 2016

Wisata Kuliner Jawa Timur

Berwisata, jangan lupakan kulinernya lho..! Berikut Kami coba sajikan kuliner khas tiap daerah di Jawa Timur, mulai dari ujung barat sampai ujung timur

1. Pacitan

Nasi Thiwul
Makanan berbahan dasar singkong yang dikeringkan ini menjadi tujuan utama wisata kuliner bagi wisatawan yang berkunjung ke Pacitan. Disantap bersama dengan Sayur Kalakan (dibahas lebih lanjut di bawah), ikan laut bakar, dan sambal, rasanya sudah pasti membuat acara makan Kita semakin mantap.

Sayur Kalakan
Sayur dengan citarasa pedas ini biasa menjadi pendamping Nasi Thiwul. Bahan dasarnya adalah daging kelong (hiu) yang dicampur dan diolah dalam kuah (saus) santan.

Punten
Punten bisa jadi merupakan makanan ringan, bisa juga sebagai makanan berat. Bahan dasarnya adalah beras yang diaron (dimasak) dengan santan, yang setelah matang kemudian ditumbuk halus dan dipotong kotak-kotak. Penyajiannya biasanya dengan sambal terasi.














2. Ponorogo

Bergeser ke Timur, Kita akan memasuki Ponorogo. Ada beberapa kuliner yang bisa dinikmati di Kota Reyog ini, diantaranya adalah:

Sate Ayam Ponorogo
Sekilas, sate ayam Ponorogo ini tidak ada bedanya dengan sate ayam dari daerah lain di Indonesia, namun jika dicermati lebih detail, ada perbedaannya lho. Sate ayam Ponorogo ini biasanya dagingnya diiris tipis seperti fillet. Proses pembumbuannya juga berbeda. sebelum ditusukkan ke lidi/biting tusuk sate, daging yang telah diiris tipis ini terlebih dahulu direndam di dalam bumbu (dibacem), sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang lebih kuat dan meresap.












Dawet Jabung 
Dawet jabung ini merupakan cendol yang terbuat dari tepung aren dan tanpa bahan pewarna, sehingga menghasilkan warnanya alami. untuk kuahnya dawetnya terdiri dari santan kelapa muda yang ditambah dengan gula aren dan sedikit garam. biasanya ditambahkan tape ketan juga irisan buah nangka. penyajianya di sajikan dalam mangkok kecil dan ditambah dengan es batu. Dinamakan dawet Jabung, karena asal dari dawet ini berasal dari desa Jabung salah satu desa di kecamatan Mlarak kabupaten Ponorogo.
Dawet Jabung Khas Ponorogo

1 comment:

  1. saya senang berwisata ke jawa timur, menarik sekali, artikel ini sangat bagus, sangat bermanfaat, terimakasih , anda juga dapat mengunjungi
    http://indonesia.gunadarma.ac.id untuk mendapatkan
    informasi serupa

    ReplyDelete

Popular Posts

Contact

Address:

Malang, East Java, Indonesia Jl. Semanggi Timur I/Kav.5

E-Mail:

info@jawarawisata.com

Phone/Text/WA:

+62 852 3810 6345